LATEST POSTS:
Home » , , » =Software= Cara Terbaik Install Windows 8.1/8/7/Vista/XP Dengan Flash DIsk (USB)

=Software= Cara Terbaik Install Windows 8.1/8/7/Vista/XP Dengan Flash DIsk (USB)

{[['']]}
Selamat hari buruh sedunia agan-agan semua!:) pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi tutorial cara menginstall windows XP/Vista/7/8/8.1 dengan menggunakan USB/ Flash Disk yang pada saat ini sangat sulit dicari kejelasannya dari beberapa/ hapir seluruh blog/ website yang ada saat sekarang.:) Kerumitan cara menginstall windows dengan USB sampai saat sekarang ini masih dikatakan rancu dikalangan penginstall windows, baik yang pemula maupun yang sudah menuju mahir.:d
     Disepanjang saya mencari tutorial cara menginstall windows, baik windows XP, vista, 7, 8, ataupun windows 8.1, saya hanya melihat tutoril bagaimana cara memasangkan CD bootable ke dalam flashdisk, tapi belum untuk cara menggunakan/ menjalankan instalasi USB itu melalui booting komputer.[-( Sehubungan dengan kejadian itu, ternyata agan-agan yang sudah mau membaca artikel saya tentang download sistem operasi windows 7 dan windows 8.1 berkomentar ingin mengatahui bagaimaca cara atau tiutorial menginstall windows yang telah mereka (bisa saja agan yang membaca artikel ini salah satunya) download tersebut.:)
     Pada awal pembukaannya memang cara menginstall windows dengan menggunakan flashdisk tidak semudah menginstall windows dengan kaset biasa.:-d Butuh kesabaran, waktu ekstra, dan tenaga yang lebih untuk menginstall windows dengan menggunakan USB/ flashdisk, terlebih agan-agan yang menggunakan komputer yang lag akan banyak virus-virus yang ada di dalam komputernya.:)
     Tutorial ini mungkin bermanfaat bagi agan-agan yang menggunakan notebook mini yang seluruhnya tidak terdapat pembaca CD/DVD internal (langsung).:) Boleh dipastikan kalau untuk notebook mini dibutuhkan DVD eksternal untuk menginstall ulang. Tapi, agan-agan tidak perlu membeli DVD eksternal yang harganya lumayan mahal, apalagi bagi para mahasiswa yang sedang bokek (hihihi jangan tersinggung ya...) karena saya akan berbagi cara menginstall windows dengan menggunakan flashdisk yang saya jamin work 100%!8-) setelah itu, tutorial ini akan sedikit bervariasi bagi tiap-tiap komputer/ laptop/ notebook. Jadi, saya berharap agan-agan apabila memiliki kendala pada saat menggunakan USB tersebut bisa mengkonfirmasikan nama, jenis, dan model mainboardnya, OK?. Selanjutnya, daripada lama-lama mari kita bahas dulu cara memasukkan instalasi windows pada flashdisk. Berikuit tutorialnya::)
  1. Siapkan instalasi windows yang berformat ".ISO", bukan berformat lain. Kalau tidak ada, agan harus mengubah formatnya kedalam bentuk ".ISO" (untuk hal ini akan dibahas kapan-kapan).:d
    Agan juga bisa mendownload windows 8.1 AIO otomatis teraktivasi 
  2. Masukkan USB/ Flashdisk yang berukuran minimal 4 GB untuk 32 Bit dan rekomendasinya falshdisk 8 GB sesuai dengan ukuran instalasi windows yang agan miliki.
  3. Pastikan bahwa seluruh isi dalam flashdisk agan sudah di-backup atau sudah tidak dibutuhkan lagi.
  4. Download dan jalankan program rufus (rufus_v1.2.0.exe). jalankan sebagai administrator (untuk windows vista dan windows 7):)
    Caranya, klik kanan aplikasi rufus yang telah didownload --> kemudian pilih "Run as administrator"
  5. Pilih Usb flashdisk, pilih file sistem yang akan digunakan (FAT 32/NTFS), aktifkan mode Quick format, “Create a bootable disk using: ISO-Image” dan juga “Create extended label and icon files”
    (325x493)Rufus 1.2.png
  6. Klik tombol pada kotak nomor 2 pada gambar diatas, cari dan pilih file instalasi iwndows yang berformat ISO tersebut.:-d
  7. Klik Start pada kotak merah nomor 3 pada gambar diatas hingga tampil dialog seperti ini, klik "OK"
    (455x184)Confirmation erase files.png
  8. Setelah agan mengklik tombol OK, maka aplikasi akan bekerja untuk menformat, mengkonfigurasi, serta menyalin file instalasi windows pada file ISO tadi. Seperti pada gambar di bawah ini:
    (408x145)Copying file ISO.png
  9. Apabila aplikasi sudah selesai bekerja, ditandai dengan kalinat Finish pada status bar dan selesainya aplikasi menyalin data pada file ISO tersebut.:-d
  10. Perlu diingat, setelah USB flashdisknya diisi dengan file-file instalasi windows, USB flashdisknya masih bisa digunakan seperti biasa (hanya jangan diformat atau dihapus file-file yang sudah ada), baik itu digunakan untuk menyimpan data agan-agan(jika masih ada ruang kosong).
  11. Selesai untuk memasukkan file instalasi windows ke flashdisk agan.:-d
     Setelah agan-agan selesai dengan tutorial diatas maka agan sudah mampu membuat flashdisk agan menjadi tempat instalasi windows agan.(o) Untuk instalasi biasa, agan bisa langsung menjalankan setup.exe pada flashdisk, tapi bagaimana kalau kita ingin menjalankan setup.exe tersebut saat booting?:-? untuk menggunakan flashdisk tersebut saat booting agak berbeda dengan CD/DVD biasa, hanya pada awalnya saja ya gan... Untuk menjalankan setup saat booting, agan butuh beberapa tutorial berikut ini::)
  1. Pertama agan harus salin tutorial ini, apabila blog ini dibuka pada komputer yang ingin agan install-ulangkan.:)
  2. Kedua agan harus me-restart komputer tersebut.
  3. Agan harus pergi ke "Boot Device Menu". Caranya, pada saat detik pertama komputer hidup (sebelum muncul logo windows dan sebelum muncul daftar-daftar booting), cepat-cepat tekan tombol sesuai dengan jenis mainboard agan berkali-kali, sampai muncul jendela "Boot Device Menu":)
    MainboardLaptopPC
    BrandTombol BootBrandTombol BootBrandTombol Boot
    AsusF8LenovoF12LenovoF12
    GigabyteF12AcerF12HPF12
    MSIF11AsusESCAcerF12
    BiostarF9HPF9DellESC
    SoyoESC or F12ThinkpadF12AsusF8
    ColorfulESC or F11DellF12BenqF8
    IntelF12SamsungF12Tsinghua TongfangF12
    OndaF11ToshibaF12FounderF12
    UNIKAESCIBMF12HaseeF12
    ASLF10GatewayF12FounderF12
    AsrockF11GigabyteF12HaierF12
    FoxconnESC or F12BenqF9

    GamenF11 or F12SonyESC

    TopstarF11 or F12FujitsuF12

    YestonF8MSIF11

    CTHIMF12eMachinesF12

    JetwayESCHaseeF12

    EliteESC or F11Tsinghua Tongfang F12

    MaxsunESCFounderF12



    HaierF12

  4. Pada Boot Device Menu tiap-tiap jenis produk berbeda-beda, tapi untuk sebagai contoh akan saya berikan contoh screenshoot Boot Device Menu dari komputer saya. 
    1. Ini adalah Boot Device Menu pada biostar versi 1.1, untuk menginstall windows dengan menggunakan USB, saya pilih Hard Disk, karena flashdisk saat booting berubah tipe menjadi USB Hard Disk8-)
      (600x372)Main Boot Device.png
    2. Setelah itu, pilih USB-HDD0: , dengan menekan tombol enter.:)
      (600x315)Select USB-HDD0.png
  5. Setelah agan memilih Flash disk untuk booting komputer, setelah itu akan tampil tulisan "Press any key to boot from USB.", seperti pada gambar di bawah ini;:)
    (640x276)Press Any Key to Boot From USB.png
    Cepat-cepat tekan tombol sembarang saja, misalkan tekan tombol "Enter" dengat cepat sebelum tulisan "Press any key to boot fom USB.." tersebut menghilang.
  6. Setelah agan menekan sembarang tombol, maka windows akan memulai penginstalan ulangnya, sebagai contoh saya pakai instalasi ulang windows 8.1.8-)
    (560x350)Windows 8.1 Starting Setup.png
  7. Selesai. dan Selamat! agan sudah mampu menggunakan USb untuk menginstall windows yang agan igninkan!(h)
     Selesai pada tutorial diatas, agan masih perlu melanjutkan tahap-tahap selanjutnya, yaitu menginstal windows yang agan inginkan.:) Untuk tutorial menginstall windows bisa agan cari di google. Saya malas berbagi artikel install windows, karena sudah sangat membanjirrrrrrrrrr......... di belahan dunia maya.....:d
     Oke!(o) Sekian dulu tentang artikel kali ini yang berjudul Cara Terbaik Install Windows 8.1/8/7/Vista/XP Dengan Flash DIsk (USB)-nya.:) Mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu agan-agan untuk menginstall ulang komputernya.:d Terimakasih atas kunjungannya, dan Wassalam!(p) 
Share this article :
Lihat PETA WISATA ZI'ARAH CIKUNDUL di peta yang lebih besar
Lisensi Creative Commons
WISATACIKUNDUL oleh BUDAKSHARETM disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://wisataziarahcikundul.blogspot.com/.
Izin di luar dari ruang lingkup lisensi ini dapat tersedia pada @WISATACIKUNDUL.

Popular Posts

RANDOM POSTS

 
Support : MOVIE LIVE | LIVE DOWNLOAD
Profile Google + : PUTRA SUNDA | BUDAKSHARE-TM
Copyright © 2014. WISATA CIKUNDUL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Follow on FACEBOOK : (1) Wisata Cikundul
Follow on TWITER : (2) Wisata Cikundul