Oleh: Anggi Jayadi
A.    PENGERTIAN DAN PEMAHAMAN
Dalam
 KBBI rajah merupakan suratan (gambaran, tanda, dsb) yang dipakai 
sebagai azimat (untuk penolak penyakit dsb). Rajah juga temasuk dalam 
kategori/varian dari mantra. Sedangkan mantra , dalam khazanah sastra 
Sunda berarti jenis puisi yang isinya semacam jampi-jampi atau kata-kata
 yang bermakna magis; isinya dapat mengandung bujukan, kutukan, atau 
tantangan yang ditujukan kepada lawannya; untaian kata-kata yang tidak 
jelas maknanya, biasa diucapkan oleh dukun atau pawang bila menghadapi 
sesuatu keperluan (Mustappa, 1995: 64). 
Sebagaimana pendapat Rusyana (1970) membagi mantra berdasarkan tujuannya menjadi 7 bagian, yaitu jampe 'jampi', asihan 'pekasih', singlar 'pengusir', jangjawokan 'jampi', rajah 'kata-kata pembuka 'jampi', ajian 'ajian/jampi ajian kekuatan', dan pelet 'guna-guna'. 
Rajah sunda lebih dikenal dan erat kaitannya dengan seni “papantunan”. Pantun dalam bahasa Sunda berarti balada, atau ballad yakni nyanyian atau syair berlagu yang besifat epis. Hal
 ini tidak dipisahkan menjadi sendiri-sendiri antara rajah dan 
Papantunan, justru menjadi salah satu kesatuan yang utuh. Dalam seni 
papantunan Rajah dibagi menjadi dua bagian yaitu sebagai Rajah bubuka 
(pembuka) dan Rajah penutup (pamunah). Dilihat dalam Papantunan Sunda, 
Rajah memang belum ditemukan fungsinya secara utuh, seperti yang di 
ungkap Ajip rosidi dalam bukunya  Beber layar, “nya
 eta sababna nu matak nepi ka kiwari ta acan aya nu mesek fungsi rajah, 
naon tali tumalina jeung kapercayaan karuhun urang, naon fungsi pantun 
dina hirup kumbuh sunda buhun”(1989 : 58). Tapi kalau dilihat dari 
bait-bait dan kata yang tersurat di dalamnnya, mungkin saja rajah di 
maksudkan sebagai doa yang di dalamnnya terdapat beberapa cirri 
kehidupan, dan penghormatan orang Sunda jaman dahulu tehadap suatu 
kekuatan yang dianggap lebih besar darinya (gaib).
 
Memang
 kebanyakan “Papantunan” atau cerita Pantun itu selalu di awali dan di 
akhiri dengan membaca Rajah. Jikalau di bandingkan jaman sekarang 
mungkin lebih tegolong sebagai do’a pembuka dan do’a penutup. “umumna
 rangkai carita pantun the angger bae kitu-kitu keneh dimimitian ku 
rajah pembuka……………………………….sabada lalkon tamat nya ditutup ku rajah 
pamunah” (Rosidi, 2009 : 32). 
Ada pula yang berpendapat bahwa Rajah Sunda adalah yang terdapat dalam Mamaos cianjuran. Rajah Sunda (Mamaos cianjuran)
 adalah do’a “kolot baheula” orang tua jaman dulu yang menggunakan 
kacapi indung. rajah ini hampir sama dengan kacapi suling. yang 
membedakannya adalah, jika kacapi suling itu kebanyakan bersangkutan 
dengan cinta atau hal-hal lain diluar do’a. sedangkan rajah sunda (Mamaos) hanyalah cuplikan do’a berbahasa sunda. 
Ada
 dua bentuk rajah yang dikenal di masyarakat umum pada masa ini, ada 
rajah yang bebentuk lisan, yang merupakan sutu varian dari mantra, ada 
pula yang bebentuk tulisan atau yang sering disebut sebagai azimat yang 
terdapat pada sebuah benda, kain, atau tato (di luar sunda) dalam tubuh 
yang di anggap bisa memberikan manfaat (sebagai penolak bala/kejahatan).
 Dalam KBBI Azimat adalah suatu barang (tulisan) yang dianggap mempunyai
 kesaktian dan dapat melindungi pemiliknya, digunakan sebagai penangkal 
penyakit, obat dan sebagainya. 
Namun
 Rajah yang tedapat dalam tulisan di khalayak masyarakat banyak sekarang
 ini, bertuliskan dari hurup arab. Entah bagaimana ceritanya  dari
 sebagian orang menyebut hal yang sepeti ini juga disebut rajah. Hal ini
 di mungkinkan juga dari pengaruh islam yang masuk di tatar sunda, dan 
juga pengaruh kebudayaan lain, sehingga pemahaman dan arti nya pun 
menjadi meluas. 
B.     GAMBARAN DAN ESENSI RAJAH
Berbicara
 masalah definisi, bentuk, bagian, rupa dan pemahaman masalah Rajah, 
terutama yang berada di kalangan masyarakat Sunda pada saat ini, memang 
tidak diketahui secara begitu mendalam. Hal ini dikarenakan kesulitan 
sumber, fakta serta data-data yang otentik yang bisa menguatkan apa, 
mengapa, dan bagaimana Rajah yang di maksud secara utuh.
Di bawah ini adalah sebuah contoh rajah, yang di ambil dari Papantunan kang Ibing sebagai pembuka cerita : 
Bull…kukus ngelun ka manggung…
ka manggung neda papayung2x….
ka batara neda suka ka pohaci neda suci….
Pun paralun ka sang rumuhun ka batara-kabatari,
 kabatara nagaraja  ka batari nagasugih, 
batara pang raksa jagat batari pang hurip bumi…
ampun paralun………….
pun paralun kaseuneu panyeukeut deuleu,
 ka bayu pangusap sukma ka cai panghurip diri, 
ka lembah panghudang rasa, pijamaeun da  ari mulang
pun paralun ka pohaci dangdayang sari ka ambu sari pangasih, 
ka ambu sari ning bumi, ka ambu sari ning hurip, ampun paralun
ahung…ahung 77x
ahung…ahung…. ahung…ahung…ahung
buru limana putih lemah dempak lemah dampit 
lemah cikal lemah bakal lemah panginungan rasa 
nu nyanggal sareng ka kujang
ahung…ahung…. ahung…ahung…ahung
ahungna ka buyut kukung buyut kukung ulang alung 
di tengah camentrang herang, 
mata wene beureum koneng lang sinulang nyerengkebeng 
asal nyusup buluk gulung asal nu ngabak pakuan 
ahung..ampun paralun..
hung ahung paralun ka gunung nu bakal ka catur 
ka lembah bakal ka saba ka tangkal bakal ka pahpral ka cai baris ka sungsi..
ci haliwung nu nyang ngidul cisadane nu nya ngaler 
ci hanjuang nu nyangetan ci peucang kiruh ti girang,
 ci kapundung ulah pundung lulurung tujuh ngabandung ka dalapan teu di sorang..
ahung…ahung…ahung….ahung…ahung..
buru lingga asta bahe sajeroning rajah, 
rajah kenang rajah kening punah ku rajah pamunah, 
bumi rucita, jagat rucita, jaya sang kalawisesa,
 neukteuk leunjeur nilas adegan,
Kabeh siluman sileman jayana mangka sing seda, 
sedana beunang ku aing  lohp…
aing nyaho ratu sia nu calik di gunung bukit, 
gunung bukit buligir putih, palias punah ku rajah pamunah, 
amit-amit neda widi seja heureuy papantunan bisi hariring teu uni, 
bisi haleuang heunteu merenah,
 ulah ngait kana fikir, ulah rengat kana manah, 
tungul sirungan catang akaran muga bangblas ku hampura…
amit-amit neda wida amitan kanu tos mangkat 
pindah alam ku wayahna lumentang di alam panjang
 poe padang nagara tunjung sampurna.
Pun paralun nu mapadane, ngusik-ngusik nu keur calik, 
ngeubah-ngeubah nu keur tapa, bisi aya nu kasebit nami keur alit,
 bisi aya nu kasebat jenengan keur budak,
 neda agung nya paralun menta jembar hampurana, 
lain diri ku mawani, teu wani bisi kabadi, 
lain diri kumawantun teu wantun bisi ka siku, palias niat nyacampah,…
Amit-amit neda widi ka mbah jambrong nu nga geugeuh bandung kulon,
 ka mbah dipa nu ngageugeuh bandung wetan, 
ka mbah naya genggong nu ngageugeuh bandung kaler, 
ka mbah raksa pujil nu ngageugeuh bandung kidul…
Amit-amit muga di raksa di riksa mugi di aping di jarring, 
anu hiri anu dengki anu jail kaniayaya, 
pang nyingkirkeun pangnyingkahkeun pangepeskeun…
Rajah kula rajah pamunah, jadi haseup anu ngelun,
 ngelunna ngelun ka manggung, ka manggung ka mega mendung, 
run turun ngajadi hujan, hujan poyan sirantangan,
 nyinglar halangan harungan, 
balungbang maka balungbang ngebat jalan nga bulungbung bray nyingray lalangse puri hapsari, 
nyingray di unday pohaci…………..
Secara
 garis besar Rajah memang termasuk varian Mantra, namun kenapa di 
kalangan masyarakat sunda Rajah identik dengan Papapantun. Begitupun 
dengan aturan-aturan yang tedapat didalamnya, tidak ada peraturan harus 
bgaimana seperti apa dan penggunaan dalam setiap huruf vokalnya 
bagaimana, sepeti yang terdapat pada pupuh.
 Hal ini tidak diketahui secara jelas tentng peraturan-peraturan yang 
dimilikinya. Karena mungkin pada jaman dahulu terdapat suatu missing-link
 tentang hal ini, atau mungkin saja sengaja dirahasiakan sebagai 
pengetahun yang sangat tetutup. Sepeti yang di ungkap Ajip Rosidi dalam 
Beber Layar, “teu acan aya ne mesek kmh susunan kapecayaan Sunda buhun nu kiwari masih aya titinggalna dina kasusastraan buhun (pantun) (1989 : 58). 
Namun
 walaupun demikian adanya rajah dalam seni Papantunan pun masih sakral 
dan penuh dengan mistis. Ada banyak lakon dalam seni Papantunan yang 
didalamnnya terdapat Rajah, yaitu : “Panggung Karaton, Demung Kalagan, Mundinglaya di Kusumah, Lutung Leutik, Kembang Penyarikan, Ciung Wanara dan Laiinya” dan setiap cerita Papantunan Pasti terdapat Rajah.
 Rajah pun berbeda-beda tergantung orang yang memantunkannya atau tempat
 asal di dapatkannya dan dari siapa yang mengajarkannya. 
Misalkan Pantun Lutung Leutik yang dibawakan oleh Ki kamal dari kuningan  (Depdikbud,
 1987). Walaupun lakon tersebut sudah dibukukan, namun akan beda halnya 
jika dibawakan oleh pemantun dari Cianjur atau Cirebon, kecuali satu 
perguruan atau  pernah berguru kepada beliau. “cara Rajah, bedana panataan teh heunteu gumantung kana lalakona, tapi gumantung kana wewengkon jeung saha juru pantuna”(Rosidi, 2009 : 37).
PENUTUP
 Diatas
 telah dikupas, bahwa Esensi dan makna dari Rajah bisa di hipotesiskan 
sebagai do’a yang masih tergolong dalam varian Mantra. Karena Zedgeist  jiwa
 jaman atau keadaan jaman pada masa itu yang belum tersentuh dengn 
agama-agama yang seperti sekarang ini. Diartikan secara sempit masih 
banyak yang tergolong dalam Animisme dan dinamisme. Namun di pandang 
secara kesusastraan dan kebudayaan (creative minority) ini adalah salah satu warisan yang meski kita gali terus sebagai sumber, untuk mengetahui hiruk pikuk keadaan pada masa itu. 
Terakhir
 dari tulisan ini mudah-mudahan dapat menambah sedikit pengetahuan bagi 
penulis, pembaca dan bagi yang mengetahui. Kalaupun banyak kesalahan 
mohon koreksi nya sebagai pengingat, kritik, dan saran bagi penulis yang
 masih dalam tahap belajar.
Hapunteun anu kasuhun, Hampura  anu kateda, luhur baur bahe carek neda jembar dihampura…..pun….ampun ampun…
DAFTAR PUSTAKA
Rusyana, Yus. (1970) . Bagbagan Puisi Mantra Sunda . Bandung: Proyek Penelitian Pantun dan Folklore Sunda
Ki Kamal. (1987) . Carita Lutung Luetik, Pantun Sunda. Jakarta : Depatemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Dareah
Rosidi, Ajip. (1989) . Beber layar. Jakarta : PT Giri Mukti Pasaka
Danandjaja, James. (1994) . Folklore Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti.
Mustappa, Abdullah. (1995) .Kamus Sastra. Bandung: PT Granesia
Suroso, Imam. (1999). "Santet, Magis atau Psikis?", dalam Menguak Rahasia Supranatural.
Solo: CV. Aneka.
Rosidi, Ajip (2009) . Ngalanglang Kasusastraan Sunda. Bandung : Kiblat Buku Utama
Sumber : http://blog-urangsunda.blogspot.com/