Akar Kebencian Kristen Terhadap Islam
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
4:21 PM
with
No comments
Oleh: Hj Irena Handono,
Pakar Kristologi, Pendiri Irena Center
Count Henri Decastri, seorang pengarang
Perancis menulis dalam bukunya yang berjudul 'ISLAM' tahun 1896: "Saya
tidak bisa membayangkan apa yang akan dikatakan oleh kaum Muslimin jika
mereka mendengar cerita-cerita di abad pertengahan dan mengerti apa yang
biasa dikatakan oleh ahli pidato Kristen dalam hymne-hymne mereka.
Semua hymne kami bahkan hymne yang muncul sebelum abad ke 12 berasal
dari konsep yang merupakan akibat dari Perang Salib. Hymne-hymne itu
dipenuhi oleh kebencian kepada kaum Muslimin dikarenakan ketidakpedulian
mereka terhadap agamanya. Akibat dari hymne dan nyanyian itu, kebencian
terhadap agama itu tertancap di benak mereka, dan kekeliruan ide
menjadi berakar, yang beberapa di antaranya masih terbawa hingga saat
ini. Tiap orang menganggap Muslim sebagai orang musyrik, tidak beriman,
pemuja berhala dan murtad. Lalu dari mana dasar bahwa Kristen bisa
menjalin hubungan baik dengan Islam?"
Kebencian Kristen kepada Islam
bukanlah hal yang mengada-ada. Walau sudah demikian jelas faktanya, para
pengikut ajaran Kristen malah sering balik menuduh bahwa pengungkapan
fakta itu dianggap provokatif.
Tidak tanggung-tanggung, seorang Paus
pun tak segan menebarkan kebencian kepada Islam. Pada 12 september
2006, sehari setelah peringatan serangan 11 September, alih-alih
mengambil simpati umat Islam, Paus Benediktus XVI—pemimpin tertinggi
umat Katholik di dunia—dalam pidato ilmiahnya di Universitas Regensburg
di Jerman, kembali mengulangi penghinaan terhadap Islam untuk ke sekian
kalinya.
Paus berpidato dengan tema "Korelasi
Antara Iman dan Logika dan Pentingnya Dialog Antar Peradaban dan Agama".
Namun isinya melenceng. Paus Benedict XVI mengutip pernyataan Kaisar
Byzantium abad ke-14 Kaisar Manuel II Palaeologus yang merupakan hinaan
dan kecaman terhadap Islam dan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa
Sallam. Ini berarti Paus Benediktus XVI setuju dengan penghinaan
terhadap Islam seperti yang ia kutip dari dialog tersebut. Bahkan
menurut Paus, pemahaman perang suci atau jihad bertentangan dengan
tabiat Tuhan.
Pidato itu jelas menimbulkan kecaman
luas kaum Muslim. Beberapa hari kemudian Paus Benediktus XVI menyatakan
umat Islam salah memahami konteks ucapannya. Seolah-olah umat Islam
dianggapnya bodoh dan tidak paham konteks sebuah pembicaraan.
Sebuah Alquran palsu dengan nama "The
True Furqan", dicetak di Amerika oleh dua perusahaan percetakan; 'Omega
2001' dan 'Wine Press'. Judul lain buku ini 'The 21st Century Quran',
yang berisi lebih dari 366 halaman baik bahasa Arab dan Inggris.
Buku ini ditujukan sebagai pemalsuan
Kitab Suci Alquran. Berbagai surah dinamai dengan surat-surat Alquran
seperti An Nur, Al Fatihah, dll. "Bismillah" pada setiap surat diganti
dengan "Bismil Abi, Wal Ibni, Waruuhil Quds" (dengan nama bapak, anak
dan roh qudus).
Tahun 1999, The True Furqan sudah pernah
menyerbu masyarakat. Edisi yang diterbitkan Wine Press Publishing
dengan mudah bisa dibeli di toko-toko buku di Amerika. Bahkan di dunia
maya (internet) The True Furqan ini bisa diakses dengan sangat mudah.
Ini menunjukkan adanya keseriusan dalam kampanye pemalsuan Alquran.
Dan mereka sendiri mengakui bahwa,
"Tujuan The True Furqan adalah sebagai alat penyebaran agama Kristen,"
kata Al Mahdy kepada Baptist News. Menurut Al Mahdy, sejauh ini kaum
evangelis (pengabar Injil) belum berhasil menemukan terobosan penting
untuk bisa menaklukkan dunia Islam.
Tak hanya dari kalangan rohaniawan
bahkan tokoh politik barat pun membenci Islam. Masih sangat segar di
ingatan kita, bahwa George W. Bush dengan lantang mengajak dunia untuk
memerangi siapapun yang berusaha menegakkan syariah Islam.
Hingga Karen Armstrong, mantan
biarawati yang banyak menulis buku tentang Islam, Yahudi, dan Kristen
menulis dalam bukunya, "Orang-orang Eropa mudah menyerang Islam,
walaupun mereka hanya tahu sedikit tentang Islam."
Maha benar Allah dengan segala
firman-Nya yang menyatakan bahwa orang Kristen dan Yahudi tidak akan
berhenti hingga Muslim mengikuti millah mereka (QS al-Baqarah 2:120).
Demikianlah fakta dendam kesumat dan rasa benci orang Kristen dan Yahudi
kepada Islam. Dan peringatan Allah tentang hal ini dalam Alquran sudah
demikian jelasnya.
Di surah yang lain Allah Subhanahu wa
Ta'ala berfirman: "...Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa
yang disembunyi-kan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. ..." (Qs.
Ali Imran 3:118).
Apa yang membuat mereka hingga seperti itu?
Seperti yang telah dibahas di edisi yang
lalu, kami telah menjelaskan bagaimana komentar kebencian mereka
terhadap Islam. Bahkan hingga Count Henri Decastri, seorang pengarang
Perancis menyatakan, "Saya tidak bisa membayangkan apa yang akan
dikatakan oleh kaum Muslimin jika mereka mendengar cerita-cerita di abad
pertengahan dan mengerti apa yang biasa dikatakan oleh ahli pidato
Kristen dalam hymne-hymne mereka."Itu hanya sedikit contoh dari
bagaimana mereka membenci Islam. Di dalam buku "Nabi Shallallahu 'Alaihi
wa Sallam Bukan Pedofili" yang saya tulis, saya mengutip beberapa
bukti kebencian mereka terhadap Islam dengan menghujat, mencaci
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.
Sebenarnya akar permusuhan Kristen
terhadap Islam bukan disebabkan oleh kesalahpahaman umat Islam terhadap
agama itu, atau oleh karena luka lama Perang Salib. Ketidaksukaan orang
Kristen terhadap Islam lebih fundamental dari itu, yakni karena
penolakan Alquran secara tegas tentang penyaliban Nabi Isa dan konsep
Trinitas. Penolakan ini berarti juga pengingkaran/pengabaian terhadap
keyakinan yang selama ini dipegang erat oleh kaum Kristen. Jadi akarnya
terdapat di dalam Alquran.
Para ulama terdahulu menulis karya-karya
yang mengkritik keyakinan Kristen tersebut. Al-Ghazzali misalnya
menulis Al Radd al-Jamil li Ilahiyati Isa bi Syarh al-Injil, Ibnu
Taymiyyah juga menulis Al-Jawab al-Shahih Liman Baddala Din al-Masih.
Tulisan mereka bukan propaganda tapi penjelasan kembali tentang apa yang
disampaikan oleh Alquran. Tidak banyak orang Kristen yang mengerti
bahwa di antara rukun iman dalam Islam adalah meyakini kenabian Isa as
dan kitab yang dibawanya, dan bahwa Nabi Isa as itu bukan Tuhan atau
anak Tuhan. Jika kitab Injil yang asli dapat dibaca pada hari ini tentu
tidak ada pertentangan dengan Alquran.
Kaum orientaslis tidak mungkin bisa
menoleransi dengan menerima kebenaran Alquran. Karena di dalam Alquran
banyak sekali kecaman-kecaman terhadap doktrin-doktrin/pokok-pokok
keyakinan agama Kristen. Contoh, surah Al-Maaidah ayat 17, Sesungguhnya
telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah
Al Masih putera Maryam." ...
Lihat surah Al-Maaidah: 72, 73; Al-Maaidah: 73; An-Nisaa': 157, dan berbagai ayat lainnya.
Kandungan Alquran yang mengecam ajaran
Yahudi dan Kristen seperti itu telah dan akan menuai reaksi balik dari
orang-orang Yahudi dan Kristen sepanjang masa. Kaisar Bizantium, Leo III
yang hidup pada tahun 717-714 M, artinya 85 tahun sepeninggal
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, menuduh Al-Hajjaj Ibn Yusuf
Al-Tsaqafiy, seorang Gubernur di zaman kekhalifahan Abdul Malik ibn
Marwan (684-704M) telah mengubah Alquran.
Peter, pendeta di Maimuma, pada tahun
743, menyebut Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sebagai nabi
palsu. Yahya Al-Dimasyqiy atau dikenal juga sebagai John of Damascus
pada tahun 740 M, menulis dalam bahasa Yunani kuno kepada kalangan
Kristen ortodoks bahwa Islam mengajarkan anti-kristus. John of Damascus
berpendapat bahwa Muhammad adalah seorang penipu kepada orang Arab yang
bodoh.
Ia juga mengatakan Nabi Muhammad
menikahi Khadijah ra karena ingin mendapatkan kekayaan dan kesenangan.
Ia bahkan menuduh dengan sangat keji bahwa Rasulullah menderita epilepsi
terbukti dengan peristiwa menerima wahyu dari Jibril, dan hobi
berperang karena nafsu seksnya tidak tersalurkan (Daniel J.Sahas, John
of Damascus on Islam: "The Heresy of the Ishmaelites", Leiden: E.J.
Brill, 1972, hlm.67-95).
Fitnah-fitnah dan sikap permusuhan
sengit terhadap Islam tersebut terus berlanjut dan rupanya itu menjadi
rujukan tulisan-tulisan modern para orientalis seperti yang terkenal
saat ini, Robert Morey dengan bukunya The Islamic Invation yang menyebar
di negeri ini dan membuat keresahan Muslim di Indonesia pada tahun
2003.
Image buruk terus dilanjutkan, hingga
Snouck Hurgronje (1857-1936) pernah mengatakan: "Pada zaman skeptik kita
ini, sangat sedikit sekali yang lepas dari kritik, dan suatu hari nanti
kita mungkin akan mengharapkan untuk mendengar bahwa Muhammad tidak
pernah ada". Snouck Hurgronje datang ke Aceh dengan mengaku sebagai
mualaf yang bernama Abdul Ghafar.
Pemikiran Snouck dituangkan dalam sebuah
artikel pada tahun 1930 yang ditulis oleh Klimovich dengan judul, "Did
Muhammad ever exist?". Dalam artikel tersebut Klimovich menggiring pada
suatu penyimpulan bahwa semua sumber informasi tentang kehidupan
Muhammad adalah buatan belaka.
Jelas sekali bahwa orientalis klasik
maupun kontemporer mempunyai kebencian yang sama terhadap Islam. Hanya
mungkin berbeda dari cara dan strateginya saja. Namun pada intinya
mereka menolak kenabian Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan
kebenaran Alquran.
Sungguh Maha Benar Allah yang telah
memperingatkan kita dengan sangat jelas dalam Alquran, surah Al-Baqarah
ayat 120,"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu
hingga kamu mengikuti agama mereka."
{[['']]}
Label:
Jejak Sejarah
,
Tentang Islam
Faham Mahdi Syi'ah dan Ahmadiyah dalam Perspektif - Bagian Pertama
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
4:18 PM
with
No comments
oleh: Drs. Muslih Fathoni, M.A.
Bagian Pertama
PENDAHULUAN
Akidah tauhid yang merupakan sokoguru
kesatuan bagi ummat Muslim yang diliputi oleh suasana persaudaraan,
sejak zaman Nabi SAW., menjadi goyah terutama menjelang berakhirnya
dekade kedua masa Khulafa'ur-Rasyldin yaitu, diakhir pemerintahan
Khalifah 'Usman ibn 'Affan. Sebab utama goyahnya kesatuan ummat Muslim
tersebut, berpangkal pada pertikaian politik yang bercorak keagamaan
diantara kelompok-kelompok Muslim yang sedang bersaing. Peristiwa
tersebut merupakan awal masa desintegrasi yang dalam perkembangan
selanjutnya, terutama sesudah terbunuhnya Khalifah ketiga, benar-benar
mendorong lahirnya sekte-sekte dalam Islam dengan doktrin atau ajaran
masing-masing yang berbeda-beda.
Kambuhnya semangat fanatisme golongan di
satu pihak, dan munculnya sikap kultus individu terhadap diri 'Ali ibn
Abi Talib dan Ahl al-Bait di pihak lain, tampaknya sangat berpengaruh
terhadap lahirnya doktrin teologi kaum Syi'ah dalam penalaran
sejarahnya. Kekalahan mereka di bidang politik dan militer, selama
pemerintahan Bani Umayyah dan Bani 'Abbasiyyah, yang menyebabkan banyak
di antara para imam mereka menjadi korban politik, rupanya merupakan
faktor penting yang mendorong lahirnya ide atau mitos tentang Imam Mahdi
atau al-Mahdi al-Muntazar.
Keanekaragaman aspirasi politik dan
doktrin yang dibawa oleh berbagai sekte dalam Islam itu, berdampak
negatif sebagai akibat terjadinya akulturasi budaya dan keyakinan,
sesudah meluasnya daerah kekuasaan Islam. Rupanya al-Quran dan Sunnah
Rasul tidak lagi dijadikan sebagai rujukan oleh sekian banyak aliran
yang muncul waktu itu guna mencari titik temu. Akan tetapi sebaliknya,
justru keduanya mereka jadikan sebagai dasar untuk menguatkan doktrin
atau paham mereka masing-masing. Sikap demikian ini mendorong mereka
kepada tindakan-tindakan yang ekstrem dan permusuhan dengan sesama
Muslim, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh golongan Syi'ah maupun
Ahmadiyah dalam mewujudkan dan menyebarkan ide serta pengaruh mereka
masing-masing.
Paham Mahdi atau Mahdiisme, sebagaimana
diketahui dalam sejarah, adalah ajaran yang meyakini akan datangnya
seorang tokoh Juru Selamat atau Messiah pada ummat yang tertindas,
akibat merajalelanya kezaliman penguasa. Tokoh tersebut dikenal sebagai
al-Mahdi yang ditunggu-tunggu. Paham yang millenaristis ini, juga pernah
muncul di Indonesia sekitar abad XIX - abad XX, khususnya di Jawa pada
masa pemerintahan kolonial Belanda. Tokoh gerakan tersebut oleh sebagian
masyarakat Jawa dikenal pula dengan nama Ratu Adil.1) Dengan demikian,
corak gerakan Mahdiisme dapat dikatakan sebagai modus gerakan masyarakat
belum maju yang tertindas serta mengalami perubahan tata sosial yang
drastis untuk melakukan protes sosial terhadap penguasa yang lalim guna
memperoleh kejayaan mereka kembali. Lahirnya Mahdiisme juga bermula dan
protes-protes sosial sebagai akibat pergolakan politik yang didorong
oleh ambisi ingin merebut kekuasaan dari sekian banyak kelompok Muslim
yang saling bermusuhan pada permulaan sejarahnya.
Dari serangkaian kegagalan pemberontakan
bersenjata yang dimotori oleh kaum Syi'ah selama kurang lebih dua abad
lamanya, mereka mengalami kekecewaan yang mendalam, kekalahan serta
penderitaan yang beruntun, dan selalu menjadi korban kekerasan
lawan-lawan politiknya. Disamping itu, tidak sedikit di antara para imam
mereka menjadi korban kekerasan politik; dan ini menyebabkan kecintaan
mereka kepada imam-imam tersebut semakin mendalam. Keadaan seperti
inilah yang menyebabkan kaum Syi'ah mudah mencerna 'aqidah ar-raj'ah dan
masalah al-gaibah, dua masalah yang tampaknya merupakan faktor dominan
dalam mempercepat proses lahirnya sikap menunggu-nunggu kehadiran
kembali para imam mereka yang telah wafat atau yang tidak mereka akui
kematiannya.
Kepercayaan seperti ini tidak dikenal
oleh ummat Muslim sebelumnya. Oleh karena itu, doktrin Mahdiisme, yang
semula lahir sebagai penggerak gerakan keagamaan yang bersifat politis,
berkembang menjadi doktrin teologi yang eskatologis. Paham Mahdiisme ini
semakin luas pengaruhnya dan bahkan akhirnya menjadi milik berbagai
aliran dalam Islam.
Paham Mahdi semula muncul di kalangan
Syi'ah Kaisaniyyah, aliran ini berkeyakinan bahwa Muhammad ibn Hanafiyah
adalah al-Mahdi al-Muntazar. Menurut keyakinan mereka, dia masih hidup
dan tinggal di bukit Radwa, dan kehadirannya kembali senantiasa mereka
tunggu Dalam hubungan ini timbul pertanyaan, mengapa paham Mahdi ini
tidak tumbuh di kalangan kaum Khawarij? Jawaban terhadap pertanyaan ini
cukup jelas: bahwa kaum Khawarij tidak mengenal 'aqidah ar-raj'ah dan
al-gaibah, sekalipun sekte tersebut juga mengalami nasib yang sama
dengan nasib kaum Syi'ah.
Selanjutnya paham Mahdi ini pun muncul
di kalangan sekte Syi'ah al-Jarudiyyah. Para pengikut keyakinan sekte
ini selalu menunggu kehadiran kembali imam mereka, Muhammad ibn
'Abdullah, atau yang dikenal dengan sebutan an-Nafsuz-Zakiyyah, sebagai
al-Mahdi.
Di kalangan Syi'ah Imamiyyah, terdapat
dua kelompok pengikut paham Mahdi yang besar pengaruhnya dan terkenal
dalam sejarah, yaitu sekte Syi'ah Sab'iyyah (Syi'ah Tujuh) atau yang
dikenal dengan Syi'ah Isma'iliyyah atau Syi'ah Batiniyyah, dan kedua
adalah sekte Isna 'Asyariyyah (Syi'ah Duabelas). Dalam merealisasikan
ide kemahdiannya kedua aliran tersebut tampaknya terdapat perbedaan yang
cukup menonjol. Jika kemahdian Syi'ah Isma'iliyyah lebih bersifat
realistis, maka kemahdian Syi'ah Isna 'Asyariyyah lebih bersifat
idealis. Menurut sekte yang disebut pertama, al-Mahdi itu telah
mengejawantah pada diri Abdullah ibn Muhammad, dan ia berhasil membentuk
dinastinya di Magrib (Afrika), sedangkan menurut sekte yang disebut
kedua, al-Mahdi itu terjelma pada diri Muhammad ibn Hasan al-'Askari
(Imam keduabelas) sesudah ia dinyatakan hilang secara misterius dan
dinyatakan pula sebagai yang ditunggu-tunggu tanpa batas waktu tertentu.
Paham Mahdi yang pernah berkembang di
Indonesia lebih mirip dengan paham Mahdi Syi'ah daripada paham Mahdi
Ahmadiyah. Menurut aliran terakhir ini, al-Mahdi dan al-Masih adalah
satu pribadi yang terjelma pada diri Mirza Ghulam Ahmad, pendiri aliran
tersebut. Selain itu, ia juga mengaku sebagai jelmaan Krishna. Aliran
ini berpendapat bahwa kehadiran al-Mahdi didasarkan atas pengangkatan
dari Tuhan melalui jalan ilham atau mukasyafah (terbukanya tirai alam
gaib).
Pengalaman Mirza Ghulam Ahmad tersebut
oleh sementara pengikutnya diinterpretasikan sebagai wahyu. Asumsi ini
tampaknya dibenarkan oleh Mirza, karena itu wahyu dipandang masih
terbuka sepanjang zaman, asalkan syari'atnya tetap mengikuti syari'at
Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Demikian pandangan aliran
Ahmadiyah Qadian terhadap diri Mirza. Berbeda dengan aliran Ahmadiyah
Lahore, mereka memandangnya hanya sebagai mujaddid abad ke-14 H, dan ia
bukan nabi hakiki. Sebab ia hanya menerima wahyu tajdid atau wahyu
walayah (wahyu kewalian), bukan wahyu nubuwwah (wahyu kenabian).
Sekalipun demikian, aliran kedua ini, secara implisit masih mengakui
Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi, yakni nabi secara lugawi.2) Tugas
kemahdian dan kemasihan Mirza memang dapat dijumpai dalam berbagai
literatur dan diuraikan secara jelas baik oleh Mirza sendiri maupun oleh
para pengikutnya. Akan tetapi dapat dikatakan langka uraian yang
menyangkut tugas kekrishnaannya, sebagai yang pernah dinyatakan pada
1904, bahwa dirinya adalah penjelmaan Krishna. Jika pengakuannya sebagai
Krishna adalah atas dasar wahyu maka sulit dibuktikan kebenarannya baik
secara literal maupun melalui tanda-tanda alamiah. Dengan demikian,
ummat Muslim yang non-Ahmadiyah, tentunya sulit menerima kebenaran
pengakuan tersebut.
Sebagaimana diketahui, tugas kemahdian
dan kemasihan Mirza memang berbeda dengan tugas kemahdian dalam Syi'ah.
Menurut Paham Syi'ah, al-Mahdi dikenal pula dengan al-Qa'im (orang yang
bangkit untuk menuntut balas terhadap musuh-musuhnya), sehingga
kepercayaan terhadap al-Mahdi ini merupakan faktor pendorong bagi
perjuangan kaum Syi'ah untuk merebut kekuasaan politik dan untuk
menegakkan pemerintah Islam sesuai dengan aspirasi mereka. Berbeda
dengan tugas kemahdian menurut Ahmadiyah, disini al-Mahdi ingin
menegakkan Islam diatas semua agama, dan karenanya dia dikenal pula
dengan sebutan Hakim Pengislah, yang bertugas mendamaikan ummat Muslim
seluruhnya dan mengislamisasikan yang lain tanpa jalan kekerasan.
Masalah Mahdi tersebut di atas, rupanya
tidak disinggung sama sekali baik dalam al-Quran maupun dalam Sahih
Bukhari maupun Sahih Muslim, sebagaimana dikenal dalam sejarah.3) Akan
tetapi, bagi kaum Syi'ah dan Ahmadiyah, hadis-hadis Mahdiyyah yang
terdapat di dalam kitab-kitab Sunan mereka pandang sebagai hadis
mutawatir (otentik). Oleh sebab itu kedua aliran ini menjadikan paham
Mahdi sebagai prinsip keyakinan. Mereka beranggapan bahwa seorang Muslim
yang menolak Mahdi, berarti Islamnya belum benar. Sikap dan anggapan
seperti ini sering menimbulkan perselisihan dan permusuhan.
Selanjutnya tentang paham kewahyuan
kedua aliran tersebut, dapat dikatakan tidak jauh berbeda, masing-masing
beranggapan bahwa Tuhan tetap akan menurunkan wahyu-Nya sampai hari
kiamat. Dan wahyu yang diturunkan itu menurut golongan Syi'ah dikenal
dengan wahyu ta'lim (wahyu pengajaran), sedangkan menurut golongan
Ahmadiyah dikenal dengan wahyu walayah (wahyu kewalian), atau wahyu
tajdid (wahyu pembaharuan), atau dikenal pula dengan Wahyu muhaddas
(wahyu yang diterima dengan cara berdialog langsung dengan Tuhan-ini
sama dengan Yahudi - Talmud). Term wahyu yang terakhir ini, tampaknya
telah dicipta dan dikenal oleh golongan Syi'ah jauh sebelum lahirnya
Ahmadiyah. Wahyu seperti itu, oleh kedua golongan di atas sangat
dibutuhkan untuk membimbing ummat dan memberi interpretasi sesuai dengan
perkembangan zaman terhadap pernyataan-pernyataan al-Quran. Adapun
perbedaan kedua paham kewahyuan tersebut, pada dasarnya dapat dikatakan
berpangkal pada perbedaan motivasi yang melatarbelakangi lahirnya
gerakan kedua aliran itu.
Sebelum lahirnya paham Mahdi dalam
Islam, paham seperti itu sebenarnya telah dimiliki oleh agama-agama
besar lainnya, terutama dari golongan Hindu, Yahudi, Nasrani dan lain
sebagainya Dan wajarlah apabila golongan Syi'ah yang memunculkannya
untuk pertama kalinya. Sebab kaum Syi'ah lah Yahudi maupun Nasrani.
Kemudian dibuatlah hadis-hadis Mahdiyyah, karena kaum Syi'ah sangat
berkepentingan dengan ide kemahdian tersebut dalam meneruskan perjuangan
menuntut hak legitimasi kekhilafahan. Dan dengan demikian hadis-hadis
Mahdiyyah yang mereka buat cepat menguasai opini masyarakat, sehingga
golongan non Syi'ah pun tidak ketinggalan membuat hadis-hadis Mahdiyyah
dengan versi lain sesuai dengan identitas golongannya masing-masing.
Oleh sebab itu banyak di kalangan para intelektual Muslim yang datang
kemudian menilai hadis-hadis Mahdiyyah tidak ada yang otentik bahkan
keseluruhannya adalah palsu.
Selanjutnya dalam kajian ini akan
dibahas ciri-ciri utama doktrin dan gerakan Mahdiisme Syi'ah dan
Ahmadiyah, dengan harapan pembaca akan memperoleh informasi atau
keterangan yang lebih jelas tentang sifat-sifat kedua gerakan Mahdi
tersebut. Terlepas dari sikap setuju atau tidak setuju terhadap ajaran
mereka, pembaca diharap dapat menilai sendiri secara obyektif, sejauh
mana penyimpangan atau relevansinya dengan ajaran al-Quran dan Sunnah
Rasul.
Maksud dan tujuan penulisan buku ini
ialah memberikan pengertian secara obyektif kepada masyarakat luas
tentang gerakan Mahdiisme tersebut dan tentang cara-cara mereka
mewujudkan cita-cita perjuangannya. Untuk itu, diharapkan agar seluruh
ummat Muslim, tidak mudah terpengaruh dan terlibat dalam
tindakan-tindakan yang ekstrem, apalagi terseret ke dalam permusuhan
dengan sesama Muslim, hanya karena keyakinan yang tidak fundamental
bahkan tidak ada dasar otentiknya sama sekali. Barangkali perlu selalu
diingat bahwa gerakan Syi'ah khususnya dalam memenuhi ambisinya yang
ditopang oleh ide-ide Mahdiisme, manakala masih menjadi kelompok
minoritas ia selalu menyembunyikan identitasnya namun, bila ia merasa
kuat, ia tidak segan-segan bertindak ekstrem dan menyeret pada para
pengikutnya untuk bersikap konfrontatif terhadap pengikut paham lain.
(ini juga sifat Yahudi)
Dengan mengetahui dan memahami keyakinan
dan paham kemahdian Syi'ah dan Ahmadiyah, seorang akan bersikap toleran
dan akan terhindar dari sikap picik karena pandangan yang sempit dan
tindakan ekstrem. Perlu dijelaskan, mengapa dalam kajian ini tidak
dibahas paham Mahdi Ahlus-Sunnah. Hal ini disebabkan oleh langkanya
literatur yang dapat menunjang pembahasan tersebut, seperti:
Al-Mahdiyyah fil-Islam tulisan Sa'ad Muhammad Hasan, al-Mahddyyah karya
Dr. Ahmad Amin, dan lain sebagainya. Adapun yang menjadi pokok
permasalahan dalam kajian ini adalah: Dimanakah letak persamaan dan
perbedaan antara paham Mahdi Syi'ah dan paham Mahdi Ahmadiyah? Dengan
demikian, pembahasannya akan dapat memberi informasi, manakah diantara
ajaran kedua golongan tersebut yang lebih relevan dengan al-Quran dan
Sunnah, apabila dilihat dari aspek teologi. Untuk memecahkan
permasalahannya, akan digunakan pendekatan secara historis dan
komparatif. Selanjutnya dalam bahasan ini penulis akan membicarakan
pokok-pokok persoalan sebagai berikut: Dalam Bab I, yang berupa
pendahuluan, disini akan diberikan deskripsi global tentang paham Syi'ah
dan Ahmadiyah Selanjutnya paham Mahdi Syi'ah yang meliputi:
a. Pengertian al-Mahdi dalam Syi'ah dan Ahmadiyah.
b. Sejarah lahirnya Syi'ah, di sini
akan dijelaskan mengenai latar belakang sejarahnya, pertumbuhan dan
perkembangan sekte-sektenya berikut paham mereka masing-masing.
c. Beberapa ajaran pokok Syi'ah yang berkaitan dengan paham Mahdi yaitu masalah imamah, 'aqidah raj'ah, dan masalah al-gaibah.
Kemudian diuraikan pula tentang paham Mahdi Ahmadiyah dalam Bab III, di sini dijelaskan tentang:
a. Sejarah lahirnya Ahmadiyah yang
mencakup latar belakang sejarah berdirinya Ahmadiyah, pertumbuhan dan
perkembangan sekte-sektenya.
b. Beberapa ajaran pokok Ahmadiyah
yang meliputi: Masalah wahyu, nubuwwah, dan masalah jihad yang berkaitan
dengan paham Mahdiisme.
Uraian tentang perbandingan antara paham
Mahdi Syi'ah dan paham Mahdi Ahmadiyah dimuat dalam Bab IV. Dalam bab
ini dijelaskan tentang:
a. Asal mula lahirnya paham Mahdi yang mencakup tentang situasi yang melatar belakanginya, dan beberapa faktor penyebabnya.
b. Persamaan dan perbedaan antara paham Mahdi Syi'ah dan paham Mahdi Ahmadiyah.
c. Corak kemahdian Syi'ah dan Ahmadiyah, dan
d. Paham Mahdi dan masalah 'akidah.
Selanjutnya Bab V menjelaskan tentang: Paham kewahyuan Syi'ah dan Ahmadiyah, yang mencakup masalah-masalah:
a. Al-Quran dan paham kewahyuan ummat
Muslim, disini juga diterangkan: Hubungan paham kewahyuan Syi'ah dengan
doktrin keimaman serta sikap Syi'ah yang eksklusif, dan
b. Paham kewahyuan Ahmadiyah yang berkaitan dengan ide pembaharuan Mirza Ghulam Ahmad dan doktrin kenabian.
Dalam Bab VI diuraikan tentang Paham
Mahdi dalam perspektif rasional. Di sini akan dijelaskan mengenai aspek
landasan idiil paham Mahdiisme yang mencakup:
a. Hadis-hadis Mahdiyyah dan identitas kelompok,
b. Beberapa pendapat tentang hadis-hadis Mahdiyyah sebagai hadis palsu. Selanjutnya disusul dengan uraian tentang:
Beberapa interpretasi mengenai al-Mahdi dan proses tersebarnya paham Mahdi.
Kemudian diakhiri dengan Bab VII, yaitu:
Penutup. Pada bab ini diajukan beberapa kesimpulan serta saran-saran
yang berkaitan dengan penulisan naskah ini. Dalam kajian ini, perlu
dikemukakan dua pendekatan, yaitu, pertama, pendekatan historis. Dengan
pendekatan ini penulis harus mengumpulkan data sejarah yang berkaitan
dengan golongan Syi'ah dan Ahmadiyah khususnya, dan sejarah ummat Muslim
pada umumnya.
Setelah data sejarah diperoleh,
diklasifikasikan secara kronologis, dan diseleksi, dihubung-hubungkan
satu sama lain, serta diperbandingkan antara data yang bersumber dari
karya-karya penulis dari kedua golongan tersebut dan data yang berasal
dari karya-karya penulis non-Syi'ah dan non-Ahmadiyah. Kedua, pendekatan
komparatif. Disini penulis mencoba membandingkan baik yang menyangkut
ide, paham, doktrin, maupun corak gerakan dari kedua golongan di atas,
yaitu: golongan Syi'ah dan Ahmadiyah, untuk dianalisis lebih jauh guna
memperoleh tingkat obyektivitas yang diharapkan.
Adapun metode yang dipergunakan dalam
penulisan ini, adalah dengan metode verstehen (memahami
permasalahannya). Di sini penulis berusaha memahami dan mengerti pokok
permasalahan yang hendak dibahas terlebih dahulu, dengan menggunakan dua
pendekatan di atas. Setelah datanya dianalisis kemudian disusun dalam
kesatuan yang harmonis dan sistematis, sehingga mudah dimengerti
maksudnya, kemudian baru ditarik suatu kesimpulan yang utuh dan
menyeluruh.
Catatan kaki:
[1] Sartono Kartodirdjo, Ratu Adil, Jakarta: Sinar Harapan, 1984, hlm. 57
[2] Al-Mawdudi, Ma hiyal-Qadiyaniyah, (Kuwait: Darul-Qalam, hlm. 22, 25).
Selanjutya lihat pula Susmoyo Djoyo
Sugito, Hazrat Mirza Ghulam Ahmad Bukan Nabi Hakiki, (Pedoman Besar
Ahmadiyah Lahore Indonesia, 1984), hlm. 6-8.
[3] Dwight M. Donaldson, 'Aqidah
asy-Syi'ah, terj. dalam bahasa Arab, selanjutnya disebut Donaldson
(Mesir: Matba'ah as-Sa'adah, tt.), hlm. 231.
Sumber : http://www.akhirzaman.info
pesanan rasulullah
,
{[['']]}
Label:
pesanan rasulullah
Berikut: Sup Janin Manusia
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
4:13 PM
with
No comments
Cerita ini ditulis oleh seorang wartawan
di Taiwan sehubungan dengan adanya gosip mengenai makanan penambah
kekuatan dan stamina yang dibuat dari sari/kaldu janin manusia.
'Healthy Soup' yang dipercaya dapat
mendapat stamina dan keperkasaan pria terbuat dari janin bayi manusia
berumur 6 - 8 bulan dapat dibeli perporsi seharga 3000-4000 RMB (mata
uang setempat). Salah seorang pengusaha pemilik pabrik di daerah Tong
Wan, Taiwan mengaku sebagai pengkonsumsi tetap 'Healthy Soup'. Sebagai
hasilnya, pria berusia 62 tahun menjelaskan khasiat 'Healthy Soup' ini
mempertahankan kemampuannya untuk dapat berhubungan seks beberapa kali
dalam semalam. Penulis diajak oleh pengusaha tersebut di atas ke salah
satu restoran yang menyediakan 'Healthy Soup' di kota Fu San - Canton
dan diperkenalkan kepada juru masak restoran tersebut. Kata sandi untuk
'Healthy Soup' adalah BAIKUT.
Juru masak restoran menyatakan jenis
makanan tersebut tidak mudah di dapat karena mereka tidak tersedia
'ready stock'. Ditambahkan pula bahwa makanan tersebut harus disajikan
secara fresh, bukan frozen. Tetapi kalau berminat, mereka menyediakan
ari-ari bayi (plasenta) yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual
dan juga obat awet muda. Juru masak restoran tersebut mengatakan jika
memang menginginkan Healthy Soup', dia menganjurkan untuk datang ke
sebuah desa di luar kota di mana ada sepasang suami istri yang istrinya
sedang mengandung 8 bulan.
Diceritakan pula bahwa si istri
sebelumnya sudah pernah mengandung 2 kali, tetapi kedua anaknya lahir
dengan jenis kelamin perempuan. Jika kali ini lahir perempuan lagi, maka
'Healthy Soup' dapat didapat dengan waktu dekat. Cara pembuatan
'Healthy Soup', seperti yang diceritakan oleh jurnalis yang meliput
kisah ini adalah sebagai berikut: Janin yang berumur beberapa bulan,
ditambah Pachan, Tongseng, Tongkui, Keichi, Jahe, daging ayam dan
Baikut, di tim selama 8 jam, setelah itu dimasak selayaknya memasak sup.
Beberapa hari kemudian seorang sumber menghubungi penulis untuk
meberitahukan bahwa di Thaisan ada restoran yang sudah mempunyai stok
untuk 'Healthy Soup'. Bersama sang pengusaha, penulis dan fotografer
pergi ke restoran di Thaisan untuk bertemu dengan juru masak restoran
tersebut yang tanpa membuang waktu langsung mengajak rombongan untuk
tour ke dapur. Di atas papan potong tampak janin tak bernyawa itu tidak
lebih besar dari seekor kucing.
Sang juru masak menjelaskan bahwa janin
tersebut baru berusia 5 bulan. Tidak dijelaskan berapa harga belinya,
yang pasti itu tergantung besar-kecil, hidup-mati janin tersebut dan
sebagainya. Kali ini, harga per porsi 'Healthy Soup' 3,500 RMB karena
stok sedang sulit untuk didapat. Sambil mempersiapkan pesanan, dengan
terbuka juru masak tersebut menerangkan bahwa janin yang keguguran atau
di gugurkan, biasanya mati, dapat dibeli hanya dengan beberapa ratus RMB
saja, sedang kalau dekat tanggal kelahiran dan masih hidup, bisa
semahal 2.000 RMB. Urusan bayi itu diserahkan ke restoran dalam keadaan
hidup atau mati, tidak ada yg mengetahui.
Setelah selesai, 'Healthy Soup'
disajikan panas di atas meja, penulis dan fotografer tidak bernyali
untuk ikut mencicipi, setelah kunjungan di dapur, sudah kehilangan semua
selera makan, maka cepat-cepat meninggalkan mereka dengan alasan tidak
enak badan. Menurut beberapa sumber, janin yang dikonsumsi semua adalah
janin bayi perempuan. Apakah ini merupakan akibat kebijaksanaan
pemerintah China untuk mewajibkan satu anak dalam satu keluarga yg
berlaku sampai sekarang, atau hanya karena kegemaran orang akan makanan
sehat sudah mencapai suatu kondisi yang sangat terkutuk.
Harap teruskan cerita ini kepada
setiap orang demi menghindari penyebarluasan kebiasaan yang tak
berperikemanusiaan tersebut. Sebagai manusia beragama dan berpikiran
sehat, kita untuk apapun. Bangsa manusia adalah angsa yang derajatnya
paling tinggi dari mahluk di bumi ini, dan tindakan tersebut adalah
tindakan yang sesungguhnya bukan berasal dari pemikiran manusia waras.
Memilukan hati. (http://bestfuture.wordpress.com/2007/08/28/soup-bayi-manusia-oh-my-god/)
Sumber : http://kupretist.multiply.com/photos/album/16/Baikut_Sup_Janin_Manusia
Tanda-tanda Akhir Zaman
,
{[['']]}
Label:
Tanda-tanda Akhir Zaman
Asal Anda Tahu : Inilah Makanan Terampuh Bakar Kalori
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
4:02 PM
with
No comments
Aktivitas fisik amat dianjurkan untuk
membakar kalori tubuh. Tapi, selain aktivitas fisik, seperti
berolahraga, ada cara lain untuk membakar kalori lebih cepat.
Caranya dengan mengonsumsi makanan
pembakar kalori berikut ini. Jika Anda konsumsi makanan ini plus
berolahraga teratur, dijamin ajang membakar kalori tubuh jadi lebih
mudah dan cepat.
Grapefruit
Grapefruit
Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi
jus grapefruit 150 ml setiap hari, bisa mengurangi berat badan 1 kg
dalam waktu dua minggu. Grapefruit juga memiliki level GI (glycemic
index) yang sangat rendah dan mengurangi kadar insulin serta kolesterol
dalam tubuh. Zat inositol juga ditemukan dalam grapefruit, yaitu zat
alami pembakar lemak yang memiliki rasa sedikit pahit. Zat tersebut
memicu proses metabolisme dan melancarkan sisitem pencernaan.
Teh Hijau
Selain terkenal sebagai pencegah kanker,
teh hijau juga membantu proses metabolisme tubuh dan membakar kalori.
Sangat baik mengonsumsi teh hijau setiap hari setelah Anda makan.
Usahakan mengonsumsi lima gelas teh hijau setiap hari karena bisa
membakar 70-80 kalori.
Produk susu rendah lemak
Jika Anda sedang diet, jangan
mengesampingkan produk susu dalam menu makanan. Pilih saja produk susu
yang rendah lemak. Mengonsumsi produk susu bisa memicu produksi
calcitriol, yaitu sel pembakar lemak.
Wanita yang mengonsumsi produk susu
rendah lemak 3-4 kali per hari, kalorinya bisa aterbakar hingga lebih
dari 70% lemak. Wanita dewasa membutuhkan 1.200 mg kalsium setiap hari.
Air putih
Jika Anda kurang mengonsumsi air putih,
maka berat badan akan sulit turun. Kekurangan cairan membuat proses
metabolisme menjadi lebih lambat dan bisa mengurangi kadar glukosa dalam
tubuh yang bisa memicu sakit kepala.
Konsumsilah 1,5 liter air setiap hari
karena bisa mempercepat proses metabolisme hingga 30% dan kalori yang
terbakar pun lebih banyak.
Makanan pedas
Makanan pedas bisa membantu Anda membakar kalori lebih banyak, cobalah untuk menambahkan lada dan cabai ke dalam makanan.
Makanan pedas bisa membakar kalori lebih
banyak karena rasa pedas memicu adrenalin dan mempercepat metabolisme
dan membakar kalori.
Sumber : http://www.suaramedia.com
Wisata Minat Khusus
,
{[['']]}
Label:
Wisata Minat Khusus
Alexa Booster versi 3.4 (Free Full)
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
11:59 AM
with
No comments
Merampingkan Alexa rank dengan Alexa Booster 3.4 Free Full. Memiliki Rangking Alexa
yang ramping adalah dambaan dan kebanggaan tersendiri bagi setiap
Blogger, karena semakin ramping rengking alexa sebuah blog maupun
website hal itu menandakan bahwasanya blog atau website tersebut
memiliki nilai jual yang tinggi dan juga menandakan akan keseriusan
seorang blogger dalam menekuni dunia blogging.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah alexa tool yang bernama Alexa Booster versi 3.4, dimana fungsi dari Alexa Booster 3.4 tersebut adalah untuk membantu mempercepat turunnya Alexa rank Blog maupun website kalian semua. Karena semakin kecil alexa rank adalah semakin bagus sebuah Blog atau Website tersebut.
Alexa Booster 3.4 sifatnya hannya membantu jadi menurut saya konten bloglah yang sebenarnya sangat membantu untuk menurunkan Alexa rank, karena semakin bagus dan berbobot isi dari sebuah blog hal itu akan banyak mendatangkan pengunjung dan juga page view blog dan secara otomatis juga akan mempercepat langsingnya Alexa rank sahabat blogger semua.
Cara Menggunakan Alexa Booster 3.4:
Alexa Booster 3.4 sangat mudah digunakan dan juga tool ini sangat ringan sehingga tidak membebani system komputer kalian.
Sangat mudah bukan menggunakan Alexa Booster 3.4 Full...kalian tinggal menunggu alexa Booster bekerja dan semoga Alexa Rank sahabat blogger semua cepat Langsing.
Link Download
[https://app.box.com/f8fx6fiauxl24r8]
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah alexa tool yang bernama Alexa Booster versi 3.4, dimana fungsi dari Alexa Booster 3.4 tersebut adalah untuk membantu mempercepat turunnya Alexa rank Blog maupun website kalian semua. Karena semakin kecil alexa rank adalah semakin bagus sebuah Blog atau Website tersebut.
Alexa Booster 3.4 sifatnya hannya membantu jadi menurut saya konten bloglah yang sebenarnya sangat membantu untuk menurunkan Alexa rank, karena semakin bagus dan berbobot isi dari sebuah blog hal itu akan banyak mendatangkan pengunjung dan juga page view blog dan secara otomatis juga akan mempercepat langsingnya Alexa rank sahabat blogger semua.
Cara Menggunakan Alexa Booster 3.4:
Alexa Booster 3.4 sangat mudah digunakan dan juga tool ini sangat ringan sehingga tidak membebani system komputer kalian.
1. Install Alexa Booster 3.4 selanjutnya kalian masukan pasword yang tersedia di dalam hasil download selanjutnya kalian hanya tinggal memasukkan URL kalian dan klik add kemudian klik next step
text-align: center;">
2. Masuk Step ke-2 Pada select Proxy list pilih Default Proxy List kemudian klik next step.
3. Step ke-3 anda tinggal klik start.
[https://app.box.com/f8fx6fiauxl24r8]
For Windows
,
Software
,
{[['']]}
Label:
For Windows
,
Software
START8 v1.20 (Free Full)
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
8:25 PM
with
No comments
START8 v1.20
| 2.8 MB | Windows 8/8.1/Server 2012
DESCRIPTION
START8 is a simple application designed to bring back the classic Windows Start button to beta versions of Windows 8.
If you are someone who has already installed and tested the Windows 8 Consumer Preview , you may have noticed one thing:the start button is gone! . Do not worry, because with START8 button reappears.
Simply run the file and watch START8 Start button reappears, to the left of the Internet Explorer button . If you click it , you'll see as appears precisoso Metro style menu from which you can access all applications and file folders , or a more classic menu adaptation .
Also, if you right -click on the Start button , allows you to execute commands START8 and off , suspend or reboot. And , to top it off , START8 lets you choose among several icons, the official Windows 8 incl .
Honestly , START8 we found very original appearance of this new Start menu and a great app for those who do not just accept that the Home button has decided to leave Windows .
Link Download
[https://app.box.com/ug26d1ex65n04z0]
| 2.8 MB | Windows 8/8.1/Server 2012
DESCRIPTION
START8 is a simple application designed to bring back the classic Windows Start button to beta versions of Windows 8.
If you are someone who has already installed and tested the Windows 8 Consumer Preview , you may have noticed one thing:the start button is gone! . Do not worry, because with START8 button reappears.
Simply run the file and watch START8 Start button reappears, to the left of the Internet Explorer button . If you click it , you'll see as appears precisoso Metro style menu from which you can access all applications and file folders , or a more classic menu adaptation .
Also, if you right -click on the Start button , allows you to execute commands START8 and off , suspend or reboot. And , to top it off , START8 lets you choose among several icons, the official Windows 8 incl .
Honestly , START8 we found very original appearance of this new Start menu and a great app for those who do not just accept that the Home button has decided to leave Windows .
Link Download
[https://app.box.com/ug26d1ex65n04z0]
For Windows
,
Software
,
{[['']]}
Label:
For Windows
,
Software
Psikologi Golongan Darah
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
6:18 PM
with
No comments
gambar: parentingforums.org
GOLONGAN DARAH
Di Jepang, ramalan ttg seseorang lebih
ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa?
Katanya, golongan darah itu
ditentukan oleh protein-protein tertentu
yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga
menentukan psikologi kita. Benar apa tidak?
SIFAT SECARA UMUM :
A : terorganisir, konsisten, jiwa
kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (krn perfeksionis) yg kadang bikin
org mudah sebel, kecenderungan politik: "destra"
B : nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: "sinistra"
O : berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: "centro"
AB: unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik
BERDASARKAN URUTAN :
Yg paling gampang ngaret soal waktu :
1 B (krn nyantai terus)
2 O (krn flamboyan)
3 AB (krn gampang ganti program)
4 A (krn gagal dalam disiplin)
Yg paling susah mentolerir kesalahan org :
1 A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2 B (krn easy going tapi juga easy judging)
3 AB (krn asal beda)
4 O (easy judging tapi juga easy pardoning)
Yg paling bisa dipercaya :
1 A (krn konsisten dan taat hukum)
2 O (demi menjaga balance)
3 B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4 AB (mudah ganti frame of reference)
Menurut survey, gol darah yg paling disukai utk jadi teman :
1 O (orangnya sportif)
2 A (selalu on time dan persis)
3 AB (kreatif)
4 B (tergantung mood)
Kebalikannya, teman yg paling disebelin/tidak disukai:
1 B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2 AB (double standard)
3 A (terlalu taat dan scrupulous)
4 O (sulit mengalah)
Di
bawah adalah peta distribusi tipe golongan darah. Sangatlah menarik
karena menyangkut evolusi manusia dan bagaimana suku bangsa menempati
bagian-bagian dunia dengan jenis-jenis golongan darah yang berbeda.
For blood type family ‘A’
Blood type family ‘B’
Blood type family ‘O’
gambar: bloodbanker.com
MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN :
Yg paling mudah kesasar/tersesat
1 B
2 A
3 O
4 AB
Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1 O (jago olah raga)
2 A (persis dan matematis)
3 B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo,
renang dan gulat jepang bergoldar B)
4 AB (alergi pada setiap jenis olah raga)
Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin :
1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
2 A (krn berpribadi "minute" dan teliti)
3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)
Yg jadi PM jepang rata2 bergoldar :
O (berjiwa pemimpin)
Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya bergol darah : B
Yg paling gampang nabung :
1 A (suka menghitung bunga bank)
2 O (suka melihat prospek)
3 AB (menabung krn punya proyek)
4 B (baru menabung kalau punya uang banyak)
Yg paling kuat ingatannya :
1 O
2 AB
3 A
4 B
Yg paling cocok jadi MC :
A (kaya planner berjalan)
MENYANGKUT KESEHATAN :
Yg paling panjang umur :
1 O (gak gampang stress, antibody nya paling joss!)
2 A (hidup teratur)
3 B (mudah cari kompensasi stress)
4 AB (amburadul)
Yg paling gampang gendut
1 O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2 B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3 A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4 AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)
Paling gampang digigit nyamuk :
O (darahnya manis)
Yg paling gampang flu/demam/batuk/pilek
1 A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2 AB (lemah thd hygiene)
3 O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4 B (makan, tidur nggak teratur)
Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta :
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an)
A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso dsb)
AB (hobby mencicipi semua masakan, "aji mumpung")
Yg paling cepat botak :
1 O
2 B
3 A
4 AB
Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
1 B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2 AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3 A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4 O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)
Yg paling cepet tertidur
1 B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2 O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
3 AB (tergantung kehendak)
4 A (tergantung aturan dan orario)
Penyakit yg mudah menyerang :
A (stress, majenun/linglung)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)
Apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat :
A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
B (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit,
meditasi, main catur)
O (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai,jalan-jalan)
AB (Krn gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).
Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)
1 A
2 B
3 O
4 AB
"Nilai manusia, bukan bagaimana ia mati,
melainkan bagaimana ia hidup; bukan apa yang diperoleh, melainkan apa
yang telah diberikan; bukan apa pangkatnya, melainkan apa yang telah
diperbuat dengan tugas yang diberikan Tuhan kepadanya." - Ministry
Sumber: http://forum.smabhk.com/thread-212.html
Jejak Sejarah
,
Tanda-tanda Akhir Zaman
,
{[['']]}
Label:
Jejak Sejarah
,
Tanda-tanda Akhir Zaman
Menara Masjid: Adopsi dari Tradisi Byzantium
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
6:01 PM
with
No comments
by: sofwan{kalipaksi}
Sebuah
masjid sepertinya hambar jika tanpa menara. Masjid-masjid jami' di
Indonesia hampir selalu mempunyai menara. Padahal, asal tahu saja,
menara bukan unsur arsitektur asli bangunan masjid. Masjid Quba sebagai
masjid pertama yang dibangun Nabi pun pada awalnya tak mempunyai menara.
Begitu pula ketika masa Islam dipimpin
oleh empat serangkai khalifah al-rasyidin, mulai Abu Bakar hingga Ali
bin Abu Thalib: masjid-masjid yang dibangun tak bermenara. Hanya saja
ada semacam ruang kecil di puncak teras masjid sebagai tempat muazzin
mengumandangkan adzan.
Dalam sejarah arsitektur masjid-masjid
pertama, bisa dikatakan Khalifah Al-Walid (705-715) dari Bani Umayyah
merupakan khalifah yang pertama kali memasukkan unsur menara dalam
arsitektur masjid. Khalifah yang punya selera dan kepedulian tinggi
dalam rancang bangun arsitektur inilah yang memulakan tradisi menara
sebagai salah satu unsur khas pada masjid.
Tradisi membangun menara diawali oleh
Khalifah Al-Walid ketika memugar bekas basilika Santo John (Yahya)
menjadi sebuah masjid besar, yang kemudian menjadi Masjid Agung
Damaskus. Pada bekas basilika tersebut tadinya terdapat dua buah menara
yang berfungsi sebagai penunjuk waktu: lonceng pada siang hari dan
kerlipan lampu pada malam hari.
Menara itu sendiri merupakan salah satu
ciri khas bangunan Byzantium. Rupanya, Khalifah Al-Walid tertarik untuk
mempertahankan kedua menara tersebut. Bahkan, kemudian ia membangun
sebuah menara lagi di sisi utara pelataran masjid (tepat di atas Gerbang
al-Firdaus). Menara ini disebut Menara Utara Masjid Damaskus. Satu
tahun kemudian (706 M), Khalifah Al-Walid memugar Masjid Nabawi di
Madinah. Masjid ini tadinya tak mempunyai satu pun menara. Al-Walid lalu
memerintahkan para arsiteknya untuk membangunkan menara masjid sebagai
tempat muadzin untuk mengumandangkan azan.
Bentuk
menara pada Masjid Nabawi dan menara utara Masjid Damaskus sangat
mirip, terutama pada ornamen kubah puncak menara yang ramping. Yang
jelas, pada saat itu kehadiran menara masjid masih merupakan sesuatu
yang baru. Bentuk menara seperti menara Masjid Agung Damaskus cukup
populer. Bahkan, hingga 250 tahun kemudian, bentuk menara Masjid Nabawi
dan Masjid Agung Damaskus ini juga menjadi model tipikal menara Masjid
Al-Azhar yang dibangun oleh Dinasti Fatimiyah di Kairo.
Bentuk-bentuk Menara
Pada masa awal perkembangan arsitektur
masjid, setidaknya ada beberapa bentuk dasar menara masjid. Tapi yang
paling awal, seperti pada menara Masjid Nabawi dan Masjid Damaskus,
menara itu tidak berdiri sendiri melainkan menyatu dengan struktur
bangunan masjid. Pola seperti ini menyebar ke berbagai penjuru
negeri-negeri muslim melintasi dataran Arab hingga ke Andalusia. Namun
ada juga menara yang dibangun terpisah dari bangunan utama masjid,
seperti menara Masjid Agung Samarra dan menara Masjid Abu Dulaf di
wilayah Iraq.
Ada beberapa bentuk dasar menara masjid:
menara klasik, menara variasi, menara segi empat, menara spiral dan
menara silinder. Pada menara klasik (classic minaret): lantai dasarnya
berbentuk segi empat, naik ke atas menjadi oktagonal (segi delapan) dan
kemudian diakhiri dengan tower silinder yang dipuncaki dengan sebuah
kubah kecil. Termasuk jenis ini misalnya menara Masjid Mad Chalif di
Kairo, yang dibangun pada abad ke-11 masehi semasa pemerintahan Khalifah
Al-Hakim dari Dinasti Fatimiyah.
Sementara itu, jenis menara variasi
diawali dengan segi empat di bagian bawah, lalu bertransformasi menjadi
segi enam yang dihiasi dengan balkon segi delapan. Menara Masjid
Al-Azhar termasuk dalam jenis ini.
Sedangkan menara-menara masjid di Iran
sebagian besar merupakan menara jenis menara silinder dengan diameter
silinder yang semakin mengecil di puncak menara, misalnya menara Masjid
Natanz di Iran.
Sementara
itu di Aleppo (di wilayah Mediterrania), terdapat tren baru bentuk
menara masjid. Menara Masjid Aleppo ini sepenuhnya berbentuk segi empat
dari dasar hingga puncak. Menara yang dibangun oleh penguasa Turki
Seljuk pada tahun 1089 ini menggunakan batu sebagai material utama.
Uniknya, sebagai tren baru, tidak ada kubah di puncak menara. Hasan bin
Mufarraj, arsitektur yang merancangnya, memberikan sentuhan baru dengan
meletakkan muqarnas di puncak menara setinggi 46 meter ini. Muqarnas
tersebut menyerupai galeri dan berfungsi sebagai tempat muadzin.
Masih ada beberapa lagi menara segi
empat yang terdapat di wilayah Mediterrania, seperti menara Masjid Agung
Sevilla (yang disebut Menara Giralda). Menara ini pernah berfungsi
sebagai menara lonceng katederal seiring dengan lahirnya kekuasaan
Kristen di Spanyol. Menara segi empat lain terdapat di Masjid Kutubiyyah
(dibangun 1125-1130) di Marrakesh, Maroko. Keberadaan menara segi empat
pada masjid-masjid tersebut sangat dipengaruhi oleh menara Masjid
Qayrawan (35 meter) yang mempunyai tiga undakan segi empat. Hanya saja,
ada pengamat arsitektur yang menyebutkan bahwa bentuk menara masjid segi
empat ini mengadopsi bentuk mercusuar kuno di Iskandarsyah, Mesir.
Ada sebuah bentuk menara yang jarang
diadopsi oleh menara-menara masjid di dunia, yaitu menara spiral. Bentuk
khas menara pada masjid-masjid di Samarra ini merupakan tradisi dalam
bangunan menara Mesopotamia. Menara Masjid Samarra dan Masjid Dullaf,
bahkan hingga sekarang masih tegak berdiri walaupun sudah berusia 1.200
tahun. Padahal, bangunan masjidnya hanya tinggal reruntuhan saja. Bisa
dikatakan kedua menara ini sebagai peninggalan arsitektur yang
memberikan kesan bahwa perhitungan geometri para arsitek pada masa itu
sudah sangat akurat. Masjid lain yang juga memiliki menara spiral adalah
Masjid Ibnu Tulun di Fustat, Mesir.
Fungsi Menara
Menara
masjid selain berfungsi sebagai tempat bagi muadzin mengumandangkan
adzan juga bisa berfungsi ganda seperti halnya mercusuar atau menara
pengintai. Hal ini terutama terdapat pada menara-menara masjid yang
berada di kota pelabuhan atau tepi sungai. Corak menara Masjid Ribbat
Shushah di Tunisia, misalnya, terdapat pada bangunan corak masjid yang
sangat mirip sebuah markas militer.
Menara berbentuk silinder ini dibuat
dengan gaya yang teramat kokoh untuk sebuah menara yang biasanya
berbentuk ramping. Ribbat Shushah, sebagai kota pelabuhan, memanfaatkan
menara masjid sebagai sarana untuk melakukan pengamatan lepas pantai
dari balkon menara.
Dalam sejarah menara-menara masjid
legendaris, masjid-masjid yang dibangun oleh Dinasti Turki Utsmaniyah
tercatat memiliki menara yang paling tinggi. Wajar saja, sebab dinasti
terakhir dalam kekhilafahan Islam ini sudah mengembangkan teknik
konstruksi yang lebih moderen. Menara-menara itu pada umumnya dibangun
dengan menerapkan pondasi pasak bumi generasi pertama.
Hasilnya, mereka bisa membangun menara
masjid dengan ketinggian lebih dari 70 meter. Sebuah prestasi pada
zamannya. Memang, tinggi menara-menara masjid itu masih lebih rendah
dibandingkan menara Masjid Nabawi yang 105 meter. Namun, menara masjid
Nabawi tersebut sudah merupakan hasil renovasi pemerintah Arab Saudi,
yang notabene teknologinya sudah jauh lebih canggih.
Sumberr: http://kalipaksi.com/
Jejak Sejarah
,
{[['']]}
Label:
Jejak Sejarah
VLC (NEON version) 0.0.8 Free (MAC)
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
5:52 PM
with
No comments
VLC is a media player that has been available for Mac and PC for
some time, as well as for iOS. While there has been a remote tool
available for Android that can be used to control playback of the main
application on another computer, but now there is a dedicated Android
app that can be used to play local and streaming music and video on your
phone or tablet.
Just as with the desktop version of the software, there is support for an impressive range of file formats and you can view videos complete with subtitles or alternative soundtracks. Auto-rotation ensures that the best use is made of available screen space depending on the orientation of your device, and gestures are available for controlling volume. Volume can also be controlled using the bundled widget.
It is important to note that this is beta software and the developers themselves point out that it is not stable and is only really suitable for power users and hackers. In reality, it is unlikely to cause any damage to your Android device, but don’t expect blistering performance or uninterrupted playback at this stage. This are shaping up well, but there is still some way to go before this is an app that is suitable for day to day use.
If you want to take a sneak peak at what to expect from future releases of the apps, the beta is a great way to keep in the loop. You might find that your hardware is not supported, and this is something that may or may not change as development continues. Despite the early stage of development, you should find that if the app is support by your device, it works pretty well, and as things are only going to improve, this bodes very well indeed.
Size : 7 mb
Sumber : http://www.downloadcrew.com/article/27813-vlc_android
Link Download
Just as with the desktop version of the software, there is support for an impressive range of file formats and you can view videos complete with subtitles or alternative soundtracks. Auto-rotation ensures that the best use is made of available screen space depending on the orientation of your device, and gestures are available for controlling volume. Volume can also be controlled using the bundled widget.
It is important to note that this is beta software and the developers themselves point out that it is not stable and is only really suitable for power users and hackers. In reality, it is unlikely to cause any damage to your Android device, but don’t expect blistering performance or uninterrupted playback at this stage. This are shaping up well, but there is still some way to go before this is an app that is suitable for day to day use.
If you want to take a sneak peak at what to expect from future releases of the apps, the beta is a great way to keep in the loop. You might find that your hardware is not supported, and this is something that may or may not change as development continues. Despite the early stage of development, you should find that if the app is support by your device, it works pretty well, and as things are only going to improve, this bodes very well indeed.
Size : 7 mb
Sumber : http://www.downloadcrew.com/article/27813-vlc_android
Link Download
License: | Freeware | ||
---|---|---|---|
Operating Systems: | Android | ||
Requirements: | |||
Languages: | English | ||
Software Cost: | Free |
Date Updated: | 11 December 2012 |
---|---|
Watchlist: | Add download to my watchlist |
Downloads To Date: | 2159 |
Developer: | VLC Mobile Team |
RSS News Feed: | |
Twitter Feed: | http://www.twitter.com/videolan |
Facebook: | http://www.facebook.com/vlc.media.player |
For Mac
,
Smart Phone
,
Software
,
{[['']]}
Label:
For Mac
,
Smart Phone
,
Software
Notepad + + v6.1.4 (Free Full)
Posted by
IWANCIANJUR1
Posted on
4:12 PM
with
No comments
Notepad + + v6.1.4
| Free | 5.34 MB | WinALL | Installer
DESCRIPTION
Notepad + + is a free source code editor which supports several programming languages and runs on MS Windows .
This project , based on Scintilla edit component (a powerful editor) , is written in C + + directly using the Win32 API and STL ( that ensures the higher execution speed and smaller size of the final program ) , is distributed under the terms of the GNU General Public License .
This is a mature project . However, you can see that, since the project of one man , yet not without some errors and other features. If you have any questions or suggestions about this project , please send me a message : I will be happy to assist you. Similarly , if you want to incorporate some option poede permission, but do not guarantee that includes ..
THESE ARE SOME KEY FEATURES OF " Notepad + +"
Highlighting and Syntax Folding :
Supported languages : C , C + + , Java , C #, XML , HTML , PHP , JavaScript , resource file RC , makefile , ASCII art (extension. Nfo ) , doxygen , ini file , batch file , ASP , source files VB / VBS , SQL , Objective- C , CSS , Pascal , Perl , Python and LUA .
WYSIWYG :
If you have a color printer , you can print your source code ( or whatever you want ) in color.
Style Configurator :
For each style in all supported languages , the user can change the background or foreground color , font, font size and font style (bold or italic ) through dialogue style configurator .
Syntax highlighting user defined :
Allow user to define his own language : not only keyword syntax highlighting , but folding keywords syntax , comment keywords and the operators.
Multiple documents :
You can edit several documents at the same time.
Multiple views :
You have two views at the same time. That means you can visualize ( edit) 2 different documents at the same time. You can also visualize ( edit) in the 2 views one document at 2 different positions . The modification of document in one view will carry out in another view ( ie you modify the same document when you are in clone mode ) .
Regular Expression Search supported :
You can search for a string in the document by using the regular expression.
Full function drag and drop:
You can open a document by drag and drop. You can also move your document from a position (or even a view ) to another by drag and drop.
Dynamic position of Views :
The user can adjust the position of the views dynamically (only in 2 views mode : the splitter can be set in horizontal or vertical).
Automatic detection of file status :
If you modify or delete a file which opened in Notepad + + , you will be notified to update your document ( reload the file or remove the file ) .
Zoom:
That's another fantastic function of Scintilla component .
Admitted multilingual environment :
Supports Windows environments in Chinese , Japanese and Korean .
bookmark :
The user can simply click on the bookmark margin (located right side of line number margin ) or type Ctrl + F2 to switch a marker. To reach the bookmark , press only F2 ( Next bookmark ) or Shift + F2 ( Previous bookmark ) . To clear all bookmarks , click the Menu Search -> delete all .
Highlighting key guideline and bleeding :
When the cursor is next to one of those symbol { } [ ] ( ), the symbol next to the cursor and the opposite symbol will be highlighted , and the guideline of bleeding ( if any) to locate the block with more easily.
RECENT CHANGES
Notepad + + v6.1.4 fixed bugs :
1. Fix a crash issue of Windows 8 's Computer Manager due to Notepad + + ' s Shell Extension ( Explorer's context menu) .
Two . Walk around a crash issue of Windows 7/Vista/XP Explorer due to the conflict Among Symantec Antivirus , Net iD component and Notepad + + ' s Shell Extension ( Explorer's context menu) .
Three . Fix a regression in clickable link feature.
April . Add " reload from disk " command in tab context menu entry .
Included plugins:
1. Spell Checker v1.3.3
Two . 0.24.1 NppFTP
Three . NppExport v0.2.8
April . Plugin Manager 1.0.8
May . Converter 3.0
Link Download
[https://app.box.com/4aynrp1qcno6ymt]
| Free | 5.34 MB | WinALL | Installer
DESCRIPTION
Notepad + + is a free source code editor which supports several programming languages and runs on MS Windows .
This project , based on Scintilla edit component (a powerful editor) , is written in C + + directly using the Win32 API and STL ( that ensures the higher execution speed and smaller size of the final program ) , is distributed under the terms of the GNU General Public License .
This is a mature project . However, you can see that, since the project of one man , yet not without some errors and other features. If you have any questions or suggestions about this project , please send me a message : I will be happy to assist you. Similarly , if you want to incorporate some option poede permission, but do not guarantee that includes ..
THESE ARE SOME KEY FEATURES OF " Notepad + +"
Highlighting and Syntax Folding :
Supported languages : C , C + + , Java , C #, XML , HTML , PHP , JavaScript , resource file RC , makefile , ASCII art (extension. Nfo ) , doxygen , ini file , batch file , ASP , source files VB / VBS , SQL , Objective- C , CSS , Pascal , Perl , Python and LUA .
WYSIWYG :
If you have a color printer , you can print your source code ( or whatever you want ) in color.
Style Configurator :
For each style in all supported languages , the user can change the background or foreground color , font, font size and font style (bold or italic ) through dialogue style configurator .
Syntax highlighting user defined :
Allow user to define his own language : not only keyword syntax highlighting , but folding keywords syntax , comment keywords and the operators.
Multiple documents :
You can edit several documents at the same time.
Multiple views :
You have two views at the same time. That means you can visualize ( edit) 2 different documents at the same time. You can also visualize ( edit) in the 2 views one document at 2 different positions . The modification of document in one view will carry out in another view ( ie you modify the same document when you are in clone mode ) .
Regular Expression Search supported :
You can search for a string in the document by using the regular expression.
Full function drag and drop:
You can open a document by drag and drop. You can also move your document from a position (or even a view ) to another by drag and drop.
Dynamic position of Views :
The user can adjust the position of the views dynamically (only in 2 views mode : the splitter can be set in horizontal or vertical).
Automatic detection of file status :
If you modify or delete a file which opened in Notepad + + , you will be notified to update your document ( reload the file or remove the file ) .
Zoom:
That's another fantastic function of Scintilla component .
Admitted multilingual environment :
Supports Windows environments in Chinese , Japanese and Korean .
bookmark :
The user can simply click on the bookmark margin (located right side of line number margin ) or type Ctrl + F2 to switch a marker. To reach the bookmark , press only F2 ( Next bookmark ) or Shift + F2 ( Previous bookmark ) . To clear all bookmarks , click the Menu Search -> delete all .
Highlighting key guideline and bleeding :
When the cursor is next to one of those symbol { } [ ] ( ), the symbol next to the cursor and the opposite symbol will be highlighted , and the guideline of bleeding ( if any) to locate the block with more easily.
RECENT CHANGES
Notepad + + v6.1.4 fixed bugs :
1. Fix a crash issue of Windows 8 's Computer Manager due to Notepad + + ' s Shell Extension ( Explorer's context menu) .
Two . Walk around a crash issue of Windows 7/Vista/XP Explorer due to the conflict Among Symantec Antivirus , Net iD component and Notepad + + ' s Shell Extension ( Explorer's context menu) .
Three . Fix a regression in clickable link feature.
April . Add " reload from disk " command in tab context menu entry .
Included plugins:
1. Spell Checker v1.3.3
Two . 0.24.1 NppFTP
Three . NppExport v0.2.8
April . Plugin Manager 1.0.8
May . Converter 3.0
Link Download
[https://app.box.com/4aynrp1qcno6ymt]
For Windows
,
Software
,
{[['']]}
Label:
For Windows
,
Software